Thursday, November 15, 2012

Peranan Bakteri Yang Menguntungkan Dan Yang Merugikan


1. Peranan Bakteri Yang Menguntungkan Dalam Bidang:
A. Bidang Pertanian 

-BAKTERI RHIZOBIUM LEGUMINOSARUMBakteri Rhizobium adalah salah satu kelompok bakteri yang berkemampuan sebagai penyedia hara bagi tanaman.
Peran : 
Peranan rhizobium terhadap pertumbuhan tanaman khususnya berkaitan dengan masalah ketersediaan nitrogen bagi tanaman inangnya. Pada tanaman legum, Rhizobium mampu mencukupi 80% kebutuhan nitrogen tanaman legum dan meningkatkan produksi antara 10% - 25%. Tanggapan tanaman sangat bervariasi tergantung pada kondisi tanah dan efektivitas populasi asli.
Proses :Bila bersimbiosis dengan tanaman legum, kelompok bakteri ini akan menginfeksi akar tanaman dan membentuk bintil akar di dalamnya. Akar tanaman tersebut menyediakan karbohidrat dan senyawa lain bagi bakteri melalui kemampuannya mengikat nitrogen bagi akar. Jika bakteri dipisahkan dari inangnya (akar), maka tidak dapat mengikat nitrogen sama sekali atau hanya dapat mengikat nitrogen sedikit sekali. Bintil-bintil akar melepaskan senyawa nitrogen organik ke dalam tanah tempat tanaman polong hidup. Dengan demikian terjadi penambahan nitrogen yang dapat menambah kesuburan tanah. 

-BAKTERI PASTEURIA PENETRANS 
Peran : Bakteri Pasteuria penetrans sangat potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu komponen pengendalian nematoda pada tanaman lada. Pengendalian hayati ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan pestisida kimia (nematisida) yang berdampak negatif terhadap lingkungan. Penyakit kuning merupakan salah satu kendala produksi lada di Bangka-Belitung dan Kalimantan. Penyakit tersebut disebabkan oleh nematoda parasit terutama Radopholus similis dan Meloidogyne incognita. Akibat serangan nematoda tersebut, pertumbuhan tanaman menjadi terhambat serta warna daun dan dahan menjadi kuning. Daun-daun yang menguning tidak menjadi layu, tetapi tergantung kaku dan sangat rapuh sehingga secara bertahap akan gugur. Untuk mengendalikan penyakit kuning, para petani lada biasanya menggunakan bahan kimia. Namun, penggunaan bahan kimia secara terus menerus dapat mencemari lingkungan, menimbulkan resurjensi dan resistensi nematoda serta terbunuhnya musuh-musuh alami yang mempunyai peranan dalam menjaga keseimbangan hayati. 
Proses : Nematoda parasit dapat dikendalikan dengan menggunakan agen hayati yang merupakan musuh alaminya, misalnya bakteri Pasteuria penetrans. Bakteri ini tersebar luas di berbagai daerah serta dapat bertahan hidup lama di dalam tanah karena mampu membentuk spora yang tahan terhadap kekeringan dan input pertanian. Dilaporkan bahwa P. penetrans mampu menekan populasi M. incognita pada tanaman tembakau, kacang tanah, dan tomat.


B. Bidang Industri
Di dalam bidang industri juga terdapat bakteri yang menguntungkan dalam bidang ini. Terutama dalam bidang industri pangan. Terdapat beberapa kelompok bakteri yang mampu melakukan proses fermentasi dan hal ini telah banyak diterapkan pada pengolahan berbagi jenis makanan. Bahan pangan yang telah difermentasi pada umumnya akan memiliki masa simpan yang lebih lama, juga dapat meningkatkan atau bahkan memberikan cita rasa baru dan unik pada makanan tersebut. 


C. Bidang Kesehatan
Tidak hanya di bidang lingkungan dan pangan, bakteri juga dapat memberikan manfaat dibidang kesehatan. Antibotik merupakan zat yang dihasilkan oleh mikroorganisme dan mempunyai daya hambat terhadap kegiatan mikroorganisme lain dan senyawa ini banyak digunakan dalam menyembuhkan suatu penyakit. Beberapa bakteri yang menghasilkan antibiotik adalah:
§ Streptomyces griseus ® menghasilkan antibiotik streptomycin§ Streptomyces aureofaciens ® menghasilkan antibiotik tetracycline§ Streptomyces venezuelae ® menghasilkan antibiotik chloramphenicol§ Penicillium ® menghasilkan antibiotik penisilin§ Bacillus polymyxa ® menghasilkan antibiotik polymixin.


2. Peranan Bakteri Yang Merugikan Dalam Bidang:

A. TumbuhanBakteri penyebab penyakit pada tumbuhan:1. Xanthomonas oryzae = Menyerang pucuk batang padi2. Xanthomonas campestris = Menyerang tanaman kubis3. Pseudomonas solanacaerum = Penyakit layu pada famili terung-terungan4. Erwinia amylovora = Penyakit bonyok pada buah-buahan
B. HewanBakteri penyebab penyakit pada hewan:1. Brucella abortus = Brucellosis pada sapi2. Streptococcus agalactia = Mastitis pada sapi3. Bacillus anthracis = Antraks4. Actinomyces bovis = Bengkak rahang pada sapi5. Cytophaga columnaris = Penyakit pada ikan
C. ManusiaBakteri penyebab penyakit pada manusia:1. Salmonella typhosa = Tifus2. Shigella dysenteriae = Disentri basiler3. Vibrio comma = Kolera4. Haemophilus influenza = Influensa5. Diplococcus pneumoniae = Pneumonia6. Mycobacterium tuberculosis = TBC paru-paru7. Clostridium tetani = Tetanus8. Neiseria meningitis = Meningitis (radang selaput otak)9. Neiseria gonorrhoeae = Gonorrhaeae (kencing nanah)10. Treponema pallidum = Sifilis atau Lues atau raja singa11. Mycobacterium leprae = Lepra (kusta)12. Treponema pertenue = Puru atau patek13. Corinebacterium diphteriae = Dipteri14. Pasteurella pestis = Pes15. Staphylococcus = Bisul


well, itu tuh sebenernya tugas biologi gue, hmm.. gue share di sini siapa tau kan ada yg butuh juga LOL. oh iya kalo kata fufu, guru ICT gue yg jomblo dan selalu dibully, kalo mau nge reblog dari blog orang tuh harus nyantumin credit, selain itu gue kan juga blogger yg baik hati dan tidak sombong ^^

No comments:

Post a Comment